Jumat, 03 April 2015

Ini Penyebab Bulan Jadi Semerah Darah Saat Gerhana Total Terjadi

 Ini Penyebab Bulan Jadi Semerah Darah Saat Gerhana Total Terjadi

isp provider paket internet tercepat fiber optik dedicated untuk jakarta barat pusat selatan utara timur warnet gameonline gamecenter murah

Nala Edwin - detikNews
Ini Penyebab Bulan Jadi Semerah Darah Saat Gerhana Total Terjadi  
Foto: Gerhana bulan terlihat di Brasil (Evaristo SA/AFP/detikFoto)
Jakarta - Warna bulan yang biasanya kuning keemasan akan berubah menjadi semerah darah saat gerhana total terjadi Sabtu 4 April mendatang. Fenomena yang biasa disebut sebagai blood moon ini bisa dilihat di seluruh Indonesia. Lalu apa penyebab perubahan warna ini ?.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, menjelaskan saat gerhana total terjadi posisi bumi akan berada di antara matahari dan bulan. Hal ini membuat bulan akan tertutup bayangan bumi.

"Saat cahaya matahari mengenai atmosfer bumi maka cahayanya akan dibiaskan. Hasil pembiasan ini yang membuat bulan akan berwarna merah," kata Thomas, Kamis (2/4/2015).

Thomas menjelaskan, gerhana bulan kali ini adalah satu-satunya gerhana bulan yang bisa diamati dari seluruh wilayah Indonesia. Hal ini disebabkan pada gerhana bulan mendatang yang akan terjadi pada September wilayah Indonesia masih terang.

"Untuk wilayah Indonesia, ini satu-satunya gerhana bulan yang bisa dilihat," katanya.

Fenomena blood moon ini pernah terjadi di Indonsia pada Oktober 2014 lalu. Saat itu banyak warga yang mengabadikan peristiwa ini. Untuk peristiwa pada 4 April, di Indonesia bagian barat gerhana bulan total akan mulai terjadi pada pukul 17.16 WIB-20.45 WIB, untuk Indonesia tengah akan terjadi pukul 18.16 Wita-21.45 Wita, sedangkan untuk Indonesia timur akan terjadi pada 19.16 WIT-22.45 WIT.

Gerhana akan dimulai dari bagian kanan bawah bulan. Lalu puncak gerhana total akan terjadi pada pukul 18.58 WIB-19.03 WIB di Indonesia barat, 19.58 Wita-20.03 Wita di Indonesia tengah dan 20.58 WIT-21.03 WIT. Gerhana berakhir dengan lepasnya bayangan bumi dari piringan bulan sebelah kanan atas.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(nal/nrl)
sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar